You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Gedung Sri Mulyo

Desa Gedung Sri Mulyo

Kec. Way Serdang, Kab. Mesuji, Provinsi Lampung

Sejarah Desa

Administrator 28 Desember 2019 Dibaca 1.062 Kali

Desa Gedung Srimulyo adalah Desa pemekaran yang berasal dari Desa Gedung Boga, Desa Rejomulyo dan Desa Hadimulyo yang merupakan ex transmigrasi lokal tahun 1982 – 1983 yang sebagian besar  penduduknya berasal dari Lampung Tengah, Lampung Timur dan Way Abung. Untuk mempercepat pemerataan pembangunan di segala bidang , maka tokoh masyarakat dari tiga Desa mempunyai gagasan untuk memekarkan diri dari tiga wilayah swakarsa yang berasal dari tiga Desa induk tersebut menjadi satu wilayah Desa pemekaran yang bernama Desa Gedung Srimulyo.

Nama Desa Gedung Srimulyo diambil dari sebagian nama dari ketiga Desa Gedung Boga, Rejomulyo dan Hadimulyo dan nama Desa tersebut telah disepakati oleh ketiga kepala Desa, BPK, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan  dan tokoh pemuda sesuai dengan kesepakatan musyawarah  Desa.

Adapun nama Desa Gedung Srimulyo mempunyai arti “tempat untuk mendapatkan kemulyaan dan kesejahteraan”.

Dengan dukungan dari berbagai pihak  maka pada tanggal 30 Desember 2008 diresmikanlah Desa Gedung Srimulyo dengan dilantiknya Bapak Suparudin AR sebagai Penjabat sementara ( Pjs ) Desa Gedung Srimulyo dan sekaligus sebagai kepala Desa pertama dengan masa jabatan tahun 2008 sampai tahun 2010.

Adapun luas wilayah Desa Gedung Srimulyo saat itu adalah 1379  ha dengan jumlah penduduk 2370 jiwa dengan jumlah 640 KK serta dengan batas – batas sebagai berikut :

 

Sebelah utara berbatasan dengan    : Desa  Rejomulyo

Sebelah barat berbatasan dengan     : Desa Hadimulyo

Sebelah selatan berbatasan dengan  : Desa Gedung Boga  dan Hadimulyo

Sebelah timur berbatasan dengan    : Desa Gedung Boga

 

Pada tanggal 24 April 2010 di Desa Gedung Srimulyo mengadakan pemilihan kepala Desa definitif pertama secara langsung  dan terpilihlah bapak Jon Kenedy sebagai kepala Desa Gedung Srimulyo  definitif pertama yang dilantik  pada tanggal 22 Mei 2010 dengan membawahi delapan Dusun yaitu :

 

  1. Dusun I             : Blok Gajah
  2. Dusun II            : Tanjung Rejo I
  3. Dusun III           : Tanjung Rejo II
  4. Dusun IV           : Tanjung Sri
  5. Dusun V            : Wonorejo
  6. Dusun VI           : Margo Dadi I
  7. Dusun VII          : Margo dadi II
  8. Dusun VIII         : Margo Dadi III

 

 

Di bulan juli tahun 2013 bapak Jon kenedy selaku kepala Desa definitif pertama meninggal dunia yang di karenakan sakit dan jabatan kepala Desa digantikan oleh adik kandung beliau yang bernama bapak Yosephan dengan status penjabat kepala Desa ( PJs ) dan berakhir masa jabatnya sampai bulan Juli 2014, kemudian jabatan kepala Desa diambil alih oleh sekretaris desa yaitu Bapak Mariman dengan status Pelaksana tugas ( Plt ) kepala Desa sampai bulan Oktober 2015. Dan pada tanggal 31 Oktober 2015 diadakan pemilihan kepala Desa secara serentak, dan terpilihlah bapak Ahmad Jamili sebagai kepala Desa Definitif kedua periode 2015 – 2021 yang di lantik pada tanggal 06 November 2015.  Berturut Kepala Desa di Desa Gedung Srimulyo dari Tahun 2008 sampai sekarang adalah :

 

NO

NAMA

TAHUN MEMERINTAH

JABATAN

SEKRETARIS DESA

1.

SUPARUDIN AR

2008 -  2010

Pjs Kepala Desa

Mariman

2.

JON KENEDY

2010 - 2013

Kepala Desa Definitif

Mariman

3.

YOSEPHAN

2013 - 2014

Pjs Kepala Desa

Mariman

4.

MARIMAN

2014 - 2015

Plt Kepala Desa

Mariman

5.

AHMAD JAMILI

2015 - sekarang

Kepala Desa Definitif

M. Saifudin

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image