You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Gedung Sri Mulyo

Desa Gedung Sri Mulyo

Kec. Way Serdang, Kab. Mesuji, Provinsi Lampung

Selamat Hari Musik Nasional, Selamat Hari Lahir WR Supratman!

Administrator 09 Maret 2020 Dibaca 281 Kali
Selamat Hari Musik Nasional, Selamat Hari Lahir WR Supratman!

Setiap 9 Maret, sejak 2013 lalu, ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional.
Melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  menetapkan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional . Penetapan itu diharapkan SBY bisa meningkatkan apresiasi terhadap musik nasional.

Lebih lanjut, 9 Maret dipilih juga bukan tanpa alasan. Hari ini, tepat pada 114 tahun lalu, Wage Rudolf Supratman lahir di Purworejo, Jawa Tengah. Ia adalah pencipta lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'.

Namun sejak lagu itu diciptakan, WR Supratman tidak pernah sekalipun mendengarkan 'Indonesia Raya' berkumandang saat Hari Kemerdekaan.

Sebab usai menciptakan lagu istimewa itu, ia diburu oleh polisi Hindia Belanda hingga jatuh sakit di Surabaya. Kemudian usai menciptakan lagu terakhirnya, 'Matahari Terbit' pada Agustus 1938, ia ditangkap di Malang.

WR Supratman kemudian meninggal pada 17 Agustus 1938 karena sakit.

Setelah itu, musik Indonesia semakin berkembang. Perkembangan itu juga berasal dari berbagai sektor, mulai dari musisi, industri hingga cara untuk mendengarkan musik itu sendiri.

 sumber:detik.com

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image