You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Gedung Sri Mulyo

Desa Gedung Sri Mulyo

Kec. Way Serdang, Kab. Mesuji, Provinsi Lampung

SEJARAH HARI INI PERINGATAN HARI PERTAHANAN SIPIL (HANSIP) DI INDONESIA

Administrator 17 April 2020 Dibaca 173 Kali
SEJARAH HARI INI PERINGATAN HARI PERTAHANAN SIPIL (HANSIP) DI INDONESIA

Sejarah hari ini sebuah organisasi bernama Pertahanan Sipil atau biasa disingkat Hansip dibentuk oleh pemerintah Indonesia, tepatnya 57 tahun lalu pada tanggal 19 April 1962. Hansip juga dikenal di kalangan luas masyarakat dengan sebutan Linmas.Melansir dari laman depdagri.go.id, kehadiran Hansip di Indonesia ini bersamaan dengan adanya peristiwa perang kemerdekaan yang dibentuk atas dasar kehendak rakyat Indonesia.

 


Saat itu rakyat Indonesia ikut berpartisipasi aktif dengan membantu angkatan perang melalui Pertahanan Garis Belakang dalam bentuk penyelenggaraan keamanan rakyat.Setelah selesainya perang kemerdekaan secara formil, organisasi Hansip dibentuk di seluruh wilayah Republik Indonesia.Dasar hukum dari pembentukan milisi sipil yaitu berpacu pada Undang-undang no. 20 tahun 1982 yang berisi mengenai pokok-pokok kemanan dan pertahanan negara yang mengakui hak setiap warga negara untuk membela negara.

 

Lalu mengacu kepada Keputusan Presiden (Keppres) No. 55 tahun 1972, menyebutkan jika seluruh rakyat atas dasar kewajiban dan kehormatan dan sesuai dengan kemampuan individualnya wajib mengikuti segala usaha Pertahanan/Keamanan dan bersama Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.Berdasarkan Keppres No. 55 tahun 1972, organisasi Pertahanan Sipil (Hansip) masuk dalam sistem Hankamrata yang merupakan komponen Hankam dan komplemen ABRI.

 

SEJARAH HARI INI Tepat 57 Tahun Lalu Pembentukan Hari Pertahanan Sipil (Hansip) di Indonesia
SEJARAH HARI INI Peringatan Hari Pertahanan Sipil (Hansip) di Indonesia, Kini Sudah Berusia 57 Tahun.
Tujuan dari pembentukan organisasi Hansip yaitu sebagai wadah yang yang senantiasa terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan, pemerintahan, penanggulangan bencana dan pengungsi, kegiatan bela negara, maupun penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.

 

Keberadaan Hansip yang memiliki fungsi perlindungan masyarakat sebagaimana ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pertahanan Keamanan, mempunyai landasan yuridis yang kuat.

 

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul SEJARAH HARI INI Peringatan Hari Pertahanan Sipil (Hansip) di Indonesia, Kini Sudah Berusia 57 Tahun,

https://kaltim.tribunnews.com/2019/04/19/sejarah-hari-ini-peringatan-hari-pertahanan-sipil-hansip-di-indonesia-kini-sudah-berusia-57-tahun.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image